Sydney 2018

bangunan di kota Sydney

Sydney adalah ibukota dari negara bagian New South Wales di Australia. Kota dengan jumlah penduduk 5,23 juta orang ini memiliki luas 12,000 km2. Saya memulai perjalanan di Sydney dengan kereta dari Melbourne, di Southern Cross Station, kereta XPT malam itu melaju menuju Stasiun Central Sydney. Perjalanan ini mencapai 11 jam, dari pukul 7 malam saya berangkat dan sampai di Sydney sekitar pukul 7 pagi. Saya menuju hotel tempat saya menginap di Posh Hotel, hanya berjalan kaki 5 menit dari Sydney Central Station. Beralamat di 8-14 Broadway St, Chippendale, Sydney CBD, hotel ini terletak tepat di seberang University of Technology Sydney. Tempatnya sangat strategis, fasilitasnya juga sangat ok dengan free wifi juga gengs! Selain itu hotel ini juga dekat dengan Woolworths atau yang orang Australia biasa bilang “woolies” yaitu supermarket besar dan lengkap.  Saya memulai pagi saya dengan sarapan di McDonald’s yang nggak jauh dari hotel, hanya perlu berjalan kaki beberapa langkah saja. Kalau anda ingin sarapan dengan rasa Indonesia, terdapat Lestari Resto yang terletak dibelakang McD ini. Ditambah lagi dekat hotel ini ada Chemist Warehouse, apotek yang super lengkap namun sayang tidak 24 jam.
            Saya berjalan kaki menelusuri beberapa blok menuju Paddy’s Market yang terletak di daerah Haymarket. Pasar ini hanya buka 5 hari dalam seminggu kecuali senin dan selasa. Pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan mulai dari sayur mayur, ikan dan daging segar sampai souvenir lo! Saya sangat menyarankan untuk belanja oleh - oleh disini, karna harga nya murah dengan kualitas yang bagus. Setelah puas berbelanja disini saya berjalan pulang, ada yang menarik perhatian nih, toko sepatu di ujung Quay Street sedang diskon! Sepatu boots dibanderol dengan harga AUD20 saja. Wahh jelas saya tertarik dan memutuskan untuk membelinya. “Raben Footwear” menjual berbagai macam jenis sepatu terutama dari bahan kulit, dan awet loo.

Art Gallery of New South Wales
  Destinasi selanjutnya ada Hyde Park dan St Mary’s Cathedral yang iconic. Saya sempatkan untuk berfoto disini. Selain Hyde Park, ada juga Royal Botanic Garden yang nggak kalah keren. Dekat Royal Botanic Garden ada State Library of New South Wales dan juga Art Gallery of New South Wales. Perlu diketahui bahwa seluruh tempat ini free entry, selain itu ada free wifi dimana mana. Untuk mengakses tempat tempat tersebut bisa menggunakan kartu Opal yang saya beli pertama kali di Sydney Central. Kartu ini bisa digunakan untuk naik bus, train, maupun light rail. Kartu ini bisa diisi ulang sesuai kebutuhan, hanya perlu tap in dan tap out.

Sydney Opera House pada malam hari
Sydney Opera House pada siang hari
Circular Quay
            Jangan lupa juga untuk mengunjungi Sydney Opera House, ini wajib banget sih. Selain itu ada juga Circular Quay, Darling Harbour, Pyrmont Bridge, dan Queen Victoria Building.  Setelah puas seharian jalan jalan, saya kembali ke hotel. Saya memilih dinner di Sushi Hub dekat Sydney Central. Saya memesan Sup Miso dan juga beberapa macam Sushi. Saya sempatkan untuk mampir ke Central Park Mall untuk ke Woolies, membeli roti, susu, dan roasted chicken. Harga nya sangat murah dan terjangkau. Kira kira begitulah perjalanan saya di Sydney, saya berharap bisa main kesana lagi suatu hari nanti ketika wabah COVID 19  ini selesai.